Sabtu, 23 April 2011

rpp

                      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH                                   : SMP
MATA PELAJARAN                  : IPA – FISIKA
KELAS / SMESTER                   : VIII/2
TAHUN AJARAN                       : 2010/2011
ALOKASI WAKTU                     : 2x40 MENIT

I.          STANDAR KOMPOTENSI
6. Memahami konsep bunyi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

II.         KOMPOTENSI DASAR
6.2. Mendiskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari

 III.        INDIKATOR
mengamati dan melaksanakan percobaan untuk memahami pengertian nada.

  IV.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat :
1.      Menjelaskan pengertian nada.
2.      Menyebutkan dan menggetahui tangga nada dan interval nada.
3.      Menyebutkan deret nada.
4.      menyebutkan perbandingan frekuensi nada-nada.
5.      menyebutkan dan memahami contoh soal nada.


 V.        MATERI PEMBELAJARAN
1.      Nada adalah bunyi yang memiliki frekuensi tertentu.
2.      tangga nada merupakan susunan deret nada berdasarkan frekuensinya. Sedangkan interval nada adalah perbandingan frekuensi masing-masing.
Contoh.do = c,artinya nada do pada lagu itu sama dengan nada c pada alat musik .
3.deret nada yang berdasarkan frekuensinya tersebut dibuat  dalam bentuk tangga nada.
Deret nada   :  c        d         e      f      g       a      b      c  
Nama nada   : do      re       mi    fa     sol    la     si     do
Frekuensi     :  264   279    330  352   396   440 





  VI.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
a.       kegiatan awal(10 menit)
-         ­baca Doa bersama
-         memberikan motipasi
1. ada yang tau pengertian bunyi ?
2. sepert apa contoh bunyi dalam kehidupan sehari-hari?

b. kegiatan inti 60 menit
-    Guru menjelaskan pengetian bunyi
-    Guru menjelaskan frekuensi getaran bunyi
-    Guru menjelaskan kepada siwa terjadinya bunyi
-    Guru mendemonstrasikan kepada siswa tentang bunyi
-    Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa
-    Guru memberikan contoh soal tentang bunyi

C.   kegiatan penutup 10 menit
  - Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki kinerja baik
  - Guru memberi penguatan mengenai konsep bunyi
  - Guru dan siswa membuat kesimpulan pelajaran
  - Guru memberiken tugas rumah berupa latihan soal.










VII.   SUMBER DAN ALAT
-  Buku Inti Sari Fisika.Smp/Mts,Drs.Sulistyo Dkk.Hal: 191.Pt.Pustaka Setia
    Bandung
-  Buku Paket Sains Fisika Smp,Tedy Wibowo.Hal:81.Ganeca.
 
VIII.   PENILAIAN
Pemahaman Dan Penerapan Konsep
*Siswa diminta untuk mengerjakan latihan nomor 1 s/d 5 hal. 91 buku inspirasi sains fisika smp, ganeca.



Mengetahui,                                                      Banda Aceh, 11 Februari 2011
Guru Pamong SMPN 16 Banda Aceh               Guru Mata Pelajaran


FARDINALSYAH, S.Pd                                              HASANUDDIN
NIP:19680919 199512 1 003                                      NIM: 0711040026 ´


Tidak ada komentar:

Posting Komentar